Pemilu 2024, Bawaslu Batu Bara Bentuk Tim Faswas

Sebarkan:
Rapat kerja Bawaslu Batu Bara. (foto:mm/ist)
LIMAPULUH (MM) - Dalam rangka pengawasan Pemuktahiran Data Pemilih dan Pencalonan Perseorangan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Batu Bara membentuk Tim Fasilitasi Pengawasan (Faswas) sebagaimana instruksi Bawaslu RI terkait pembentukan Tim Pengawasan di Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kab/Kota.

Sebagai bagian dari pelaksanaan tugas, Tim Faswas yang terdiri dari Pimpinan dan Sekretariat Bawaslu Batu Bara, menggelar rapat bersama, Rabu (15/2/2023).

“Pembentukan Tim Faswas ini maka akan membuat pola kerja kita makin terstruktur, dan semua terlibat. Oleh karena itu semua harus bertanggung jawab penuh melakukan tugas,” kata Ketua Bawaslu Batu Bara, Ade Sutoyo.

Hal senada juga dikatakan Koordinator Divisi H2PH Bawaslu, Allen Sitohang mengatakan, bahwa untuk mempermudah kerja Tim Faswas maka akan ditentukan PIC per kecamatan.

”Ada 12 kecamatan di Batu Bara, maka masing-masing anggota Tim Faswas menjadi PIC di kecamatan yang bertanggung jawab terhadap pelaporan hasil pengawasan dari Panwascam,” katanya.

Lebih lanjut, Penanggung Jawab Tim Faswas ini mengungkapkan bahwa pelaporan akan dilakukan secara berjenjang.”PKD akan melaporkan ke Panwascam kemudian Kabupaten akan merekap dan melakukan analisis sehingga dapat dibuatkan catatan hasil pengawasan yang nantinya menjadi bahan kajian di tingkat Kabupaten sebelum kita laporkan ke Bawaslu Sumut,” tambahnya.

Koordinator Sekretariat Bawaslu Batu Bara Suryanti Lubis mengatakan  bahwa Tim Fas dibentuk sesuai tahapan.”Saat ini Tim Fas yang sudah terbentuk yaitu Pengawasan Pemuktahiran Daftar Pemilih dan Pencalonan Perseorangan Anggota DPD, maka menjadi penting bagi kita semua untuk memahami alat kerja setiap tahapan untuk boleh juga kita sampaikan ke Panwascam,” katanya.

Ketua Tim Fas Tahapan Pemilu 2024, Suryanti, mengingatkan anggota tim untuk membuat LHP harian. ”Setiap kita yang menjadi PIC agar setiap hari menanyakan dan merekap LHP dari Panwascam, begitu juga kita di Kabupaten harus membuat LHP yang hasilnya kita peroleh berdasarkan analisis terhadap LHP Panwascam,” katanya. (zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara