Pemilu 2024, 1.442 Anggota Pantarlih se- Batu Bara Dilantik

Sebarkan:

BATUBARA – Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kabupaten Batu Bara, resmi dilantik. Pantarlih nantinya akan menjalankan tahapan dengan melakukan pencocokan dan penelitihan (Coklit) data pemilih pada Pemilu 2024, mendatang.

Komisioner Divisi Teknis KPU Batu Bara, Erwin mengatakan, kegiatan Pantarlih akan dilakukan pada 12 Februari hingga 14 Maret 2023. Pantarlih sejumlah 1.442 orang dilantik serentak Panitia Pemungutan Suara (PPS)  serentak se-Batu Bara.

“Data pemilih merupakan instrumen penting dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum. Diharapkan semua masyarakat yang memenuhi syarat jadi pemilih harus dijamin hak pilihnya oleh negara,” kata Erwin.

Seperti halnya pelantikan Pantarlih Desa Sumber Padi yang dilakukan PPK Limapuluh dan PPS, dilakukan di Balai Desa setempat, Minggu (12/2/2023). Dalam pelantikan ini, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Sumber Padi melakukan pengawasan pelantikan 12 Pantarlih

Setelah dilantik dan diambil sumpah, 12 anggota Pantarlih menandatangani fakta integirtas sekaligus Bimtek tentang pemutakhiran data pemilih. 

Sementara itu, komisioner ivisi Pencegahan Pelanggaran dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Batu Bara, Allen Sihotang menyebutkan, sebagai sampling random, difokuskan pada pemilih/wilayah yang rawan. Penentuan kerawanannya dikembalikan ke hasil pemetaan petugas PKD. 

"Pada saat Uji petik, akan ada 4 kemungkinan, hasilnya dimasukan ke dalam alat kerja, yakni Sudah Coklit belum ditempeli stiker, Belum Dicoklit sudah ditempeli stiker, Sudah Dicoklit Sudah ditempeli stiker, Belum Dicoklit belum ditempeli stiker," terangnya.

Allen menyebutkan, terkait temuan lainnya kaitan dengan ada temuan temuan khusus, baik kerawanan prosedur, masukan masyarakat berdasarkan posko kawal hak pilih, penelusuran, sumber data alternatif lainnya, atau temuan lain sesuai SE 1/2023 terkait pencegahan dan pengawasan Mutarlih Pemilu. (potera)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara