Proyek LPJU Dishub Batu Bara Senilai Rp3,5 Miliar Dipertanyakan, yang Terpasang Cuma Tiang

Sebarkan:
Lampu Jalan Hanya Sebatas Tiang, Proyek Dishub Rp3,5 Miliar Dipertanyakan. (foto:mm/ist)
LIMAPULUH (MM) – Pemkab Batu Bara melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Batu Bara mengalokasikan anggaran Rp3,5 miliar untuk pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) melalui APBD 2023. Namun sayang, sebagian pengadaannya di lapangan terkesan “amburadul”.

Informasi diperoleh berdasarkan Sirup LKPP Batu Bara, Dinas Perhubungan, proyek pelaksanaan dilakukan 21 Januari s/d Desember 2023, meliputi LPJU serta tiang dengan nama paket Pengadaan Belanja Modal Lampu Tidak Bersuar dengan nilai Rp3,526.600.100,. Dengan uraian pekerjaan Lampu LPJU, Pengadaan dan Pemasangan Lampu Sorot Terpasang, hingga Tiang LPJU. Pelaksanaan terhitung mulai 21 Januari hingga Desember 2023.

Pantauan di lapangan, pengerjaan LPJU di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di Perkebunan Tanah Itam Ulu, terdapat lampu yang sudah mati, bahkan tiang LPJU terpasang namun tidak berlampu. Sebanyak 44 tiang dipasang, hanya ada 10 lampu terpasang. Sedangkan 34 tiang lainnya tampak kosong.

Mantan Plt Kadishub Berlin Hutabarat saat dikonfirmasi mengatakan, dari hasil pemeriksaan terdapat 60 titik lampu jalan bermasalah dan sudah diajukan garansi ke penyedia. “Sudah diajukan pergantian dan bulan ini sudah terpasang,” ujarnya. Ketika ditanya siapa penyedia barang dan jasa, Berlin menjawab, "bentar bang, lagi sama Kadis, nanti dicek dulu," tutupnya. (subari)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara