Tim Evaluasi TP PKK Sumut Kunjungi Dua Desa Percontohan di Batu Bara

Sebarkan:
Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis didampingi Ketua TP PKK Batu Bara Maya Indriasari Zahir disela-sela kunjungan Desa Percontohan di Batu Bara. (foto:mm/ist)
BATU BARA (MM) - Ketua TP PKK Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis melakukan kunjungan dan evaluasi terhadap dua desa di Kabupaten Batu Bara, yang masuk delapan besar lomba desa Percontohan PKK untuk dua kategori, yaitu Kategori Tertib Administrasi PKK dan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Sumut Tahun 2022.

Dua desa tersebut yakni  Desa Pahlawan, Kecamatan Tanjungtiram dan Desa Binjai Baru, Kecamatan Datuk Tanah Datar. Penilaian dalam evaluasi lomba desa percontohan PKK yakni meliputi kualitas program kerja yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, serta evaluasi yang dapat teranalisa dengan baik, cermat dan terukur.

Nawal Lubis mengatakan, tahap evaluasi tahun ini hanya menentukan peringkat juara 1 sampai 3, dan harapan 1 sampai 3 untuk kabupaten, serta peringkat 1 sampai 3 untuk kota dari masing-masing lomba. 

"Untuk itu kami langsung terjun ke sini untuk melihat langsung inovasi apa saja yang telah dilakukan para kader PKK di kedua desa ini," kata Nawal Lubis, Senin (7/11), pada kunjungan tersebut.

Nawal berharap dengan keikutsertaan kedua desa ini yang mewakili Batu Bara, dapat membawa kemajuan di daerah tersebut. Serta menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya, sehingga semua desa akan menjadi baik kesejahteraan masyarakatnya.

Nawal juga berpesan kepada para kader PKK, agar kejuaraan bukan akhir segalanya, tetapi dengan adanya perlombaan ini untuk memotivasi kader- kader PKK  untuk bisa berbuat lebih, baik bagi kesejahteraan masyarakat. “Kejuaraan bukan akhir segalanya PKK harus tetap berbuat dan bergerak menjadi kader cerdik, demi jayanya gerakan PKK," harapnya.

Sementara Bupati Batu Bara Zahir mengatakan, penilaian ini merupakan kesempatan untuk perbaikan bagi PKK Desa Pahlawan dan Desa Binjai ke depannya, mengenai apa-apa saja kekurangan dari kelengkapan administrasi PKK.

"Penilaian menjadi sebuah ukuran, jika ada kekurangan kedepannya diperbaiki, kalau tidak menang dan ada lebih yang lebih baik berarti kemenangannya ditunda untuk  kita perbaiki bersama," ujarnya.

Zahir juga mengucapkan apresiasinya atas kehadiran Ketua TP PKK Sumut beserta rombongan untuk turun langsung melakukan evaluasi ini. "Kami merasa bangga Ibu Ketua PKK Sumut bisa hadir langsung melihat desa kami, semoga ibu sehat dan titip salam kami buat Bapak Gubernur," ujarnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Batu Bara Maya Indriasari Zahir menyampaikan ucapan terima kasih kepada TP PKK Provinsi karena telah dipercaya desanya untuk mewakili lomba tertib administrasi dan UP2K PKK tahun 2022. 

"Semoga kepercayaan ini memotivasi kami untuk melakukan  berbagai pembinaan bagi desa  di Batubara ini  untuk lebih maju,  mandiri dan benar-benar jadi contoh bagi desa yang lain,” harapnya.(zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara