KPU Batu Bara Gelar Sosialisasi Verifikasi Faktual Pengurus dan Anggota Parpol

Sebarkan:

KPU Batu Bara sosialisasi verifikasi faktual parpol dan anggota peserta Pemilu 2024. (foto:mm/ist)
BATU BARA (MM) – KPU Batu Bara menggelar sosialisasi verifikasi faktual pengurus serta keanggotaan partai politik (Parpol), di Aula Hotel Singapore Land, Jumat (14/10/2022). 

Ketua KPU Batu Bara Muhammad Amin Lubis, sosialisasi verifikasi sangat penting, mengingat tahapan Pemilu sudah berjalan dengan jadwal yang sudah ditentukan.

"Tahapan demi tahapan menjelang Pemilihan Umum sudah mulai dilaksanakan. Salah satunya tahapan sosialisasi verifikasi faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2024," Ungkapnya

Sosialisasi Peraturan KPU Nomor: 4 Tahun 2022, Tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR, DPRD serta pengenalan singkat Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) sebagaimana diatur dalam Keputusan KPU  Nomor:260 Tahun 2022 dan telah beberapa kali dilakukan perubahan, terakhir dengan KPU Nomor: 384 Tahun 2022, Tentang Petunjuk Teknis Bagi KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

Sesuai amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Putusan Mahkamah Kontitusi Nomor: 55 Tahun 2020, sambung Amin Lubis, KPU perlu mensosialisasikan asensi dari putusan MK kepada seluruh Parpol peserta Pemilu 2024.

“KPU Batu Bara telah menandatangani Berita Acara Verifikasi Administrasi Perbaikan Partai Politik yang sudah mendaftar di komisi pemilihan umum beberapa bulan lalu," Jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan komisioner KPU Batu Bara, Erwin,S.Sos, yang menyebutkan sosialisasi untuk persiapan tahapan verifikasi faktual ini dilaksanakan KPU yang akan dimulai pada tanggal 15, sangat penting agar pengurus dan anggota Parpol yang sudah teraplod dalam Sipol akan dilakukan uji dalam bentuk faktual di lapangan.

"Untuk itu kita  berharap, peserta sosialisasi ini dapat dengan cermat mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai agar dimengerti dan dapat dijalankan dengan baik" tandas Erwin

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain yang mewakili Pemkab Batu Bara, Polres Batu Bara, Para Camat dan Kades se Kabupaten Batu Bara serta undangan lain. (zainuddin zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara