Bahas Tenaga Non ASN, Bupati Zahir Rakor Bersama Menpan RB

Sebarkan:

Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP mengikuti rakor Apkasi membahas tenaga non-ASN. (foto:mm/ist)
JAKARTA (MM) - Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP., mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Pembahasan kali ini terkait tenaga non-ASN di lingkungan Pemerintah Daerah. 

Rakor Apkasi digelar di Puri Agung Convention Hall, Hotel Sahid Jakarta, dibuka Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dihadiri Kepala BKN, Kementerian Keuangan, Dirjen Kementerian Kesehatan dan seluruh Bupati se-Indonesia.

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, mengatakan, penyelesaian tenaga non-ASN dapat dilakukan dengan tiga alternatif yakni, diangkat menjadi ASN, diberhentikan atau diangkat sesuai skala prioritas. 

Dari hasil pendataan tenaga non-ASN, terdapat data yang iinput tidak sesuai surat edaran KemenPAN RB. Untuk data yang masuk akand iverifikasi, diaudit dan akan diumumkan secara transparan oleh instansi pengusul.

Berdasarkan masukan Apkasi, Apeksi dan Apsi, mengajukan beberapa solusi untuk non-ASN yang tidak memenuhi syarat, yakni diberikan pelatihan pengembangan wirausaha plus uang pisah sebagai modal usaha.

Disamping itu, KemenPAN-RB juga melakukan MoU dengan BUMN, BUMD dan swasta untuk menampung non-ASN yang tidak terakomodir dan mendorong investor swasta untuk memberdayakannya. (zainuddin zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara