Sidang Paripurna Pansus LKPJ 2022, Kinerja PUPR 71.39 Persen Jadi Sorotan

Sebarkan:
Ketua DPRD Batu Bara M. Safii (dia dari kiri) menerima laporan Pansus LKPJ TA 2022. (foto:mm/ist)
BATU BARA (MM) – DPRD Batu Bara menggelar sidang paripurna laporan hasil pembahasan pansus atas laporan keterangan pertanggungjawaban (lkpj) dan pemberian rekomendasi bupati batu bara tahun anggaran (ta) 2022, di gedung dewan, kamis (27/4/1012)

sidang paripurna dibuka langsung ketua dprd batu bara m. safi’i dihadiri bupati batu bara diwakili asisten i ir. khairul anwar,msi, sekretaris dprd dan seluruh anggota dewan serta forkopimda.

Dalam kesempatan ini Ketua Pansus Andriansyah,SH dan Sekretaris Rizal Syahreza,SE,dalam laporannya menyebutkan pansus mengapresiasi kinerja pemkab batu bara, terkhusus bupati ir. h. zahir map yang telah menyampaikan lkpj 2022 dan telah menggantarkan batu bara meraih predikat wtp dalam tiga tahun berturut-turut yakni 2019,2020 dan 2021.

“Kita berikan apresiasi sekali Bupati batu bara beserta perangkat-perangkatnya atas kinerja yang dicapai dalam kurun waktu empat tahun ini, walaupun disana-sini masih perlu perbaikan-perbaikan dan peningkatan kinerja khususnya masing-masing OPD,” kata tim Pansus.

Dalam menjalankan fungsi pengawasan, DPRD Batu Bara sebagai unsur penyelenggara pemerintahan didaerah dan sekaligus lembaga representasi rakyat berkewajiban mengevaluasi kinerja pemerintah daerah, berdasarkan apa yang diketahuinya di lapangan dan yang dilaporkan dalam dokumen LKPJ. 

LKPJ Bupati TA 2022 adalah pemenuhan kewajiban atas pertanggung jawaban atas upaya-upaya yang telah dilakukan serta hasil yang dicapai dalam pelaksanaan kegiatan secara sistematis dan terstruktur pada periode tahun anggaran 2022.

Adapun bahan/materi pokok kajian pansus adalah yaitu, nota pengantar tentang LKPJ 2022, pandangan umum fraksi-fraksi, dokumen LKPJ TA 2022 dan hasil rapat dengar pendapat pansus lkpj dengan dinas dan badan di lingkungan Pemkab Batu Bara.

Berdasarkan LKPJ tahun 2022, Pansus akan memberikan rekomendasi secara umum terhadap terget dan realisasi pendapatan daerah belanja daerah dan pembiayaan sebagai berikut;

Pengelolaan Keuangan Daerah, Pengelolaan Belanja Daerah dan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Pansus merekomendasikan agar OPD terkait meningkatkan mutu pelayanan, ketersediaan obat-obatan dan peningkatan disiplin para medis.

Pansus juga mendorong Dinkes segera merealisasikan akreditasi seluruh puskesmas di Batu Bara serta melakukan inovasi untuk rsud batu bara agar lebih  maju dan dapat meningkatkan pad kabupaten batu bara.

Pansus juga menyebutkan realisasi belanja Dinas Pertanian dan Perkebunan mencapai 92,39% dengan kinerja baik. Pansus merekomendasikanagar secepatnya dilakukan perbaikan dan rehabilitas irigasi yang rusak, Dinas Pertanian dan Perkebunan harus jemput bola dengan selalu berkoordinasi dengan OPD PUPR baik provinsi maupun kabupaten.

Selain itu, agar meningkatkan kapasitas dan kapabilitas tenaga penyuluhan, dalam mensosialisasikan kepada petani tentang pola tanam dan lain kebutuhan petani sehingga produksi hasil pertanian dapat meningkat.tingkatkan kinerja sumber daya manusia dan disiplin aparatur.

Dari sejumlah OPD, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan persentase kinerja rendah yaitu hanya 71.39 persen. Pansus merekomendasikan agar PUPR meningkatkan kinerja sumber daya manusia dan disiplin aparatur khususnya pengawasan terhadap pembangunan kantor bupati.

Sementara Sekretariat DPRD realisasi belanja pada sekretariat dprd sebesar 98,83% drengan kinerja sangat baik.

Sementara itu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dinilai belum maksimal. Pansus merekomendasikan agar BUMD

meningkatkan PAD dan diharapkan kepada direksi / manajemen tirta tanjung untuk mempercepat pemasangan meteran air yang ada sebelumnya. Tingkatkan terus kinarja sumber daya manusia, Tirta Tanjung 2024 harus ada peningkatan.

Rekomendasi atas Pansus LKPJ Bupati Batu Bara 2022 diharapkan dapat menjadi dasar tindakan untuk perbaikan kebijakan publik ke depan. Semoga cita-cita kita bersama untuk “menjadikan masyarakat kabupaten batu bara masyarakat industri  yang sejahtera, mandiri dan berbudaya” dapat segera terealisasi. (zein) 

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara