LKPJ 2022, Fraksi PDI Perjuangan Apresiasi Capaian Kinerja Bupati Zahir

Sebarkan:
Masing-masing fraksi DPRD Batu Bara menyampaikan pandangan umum terkait LPKJ Tahun 2022, di gedung dewan di Limapuluh. (foto:mm/ist)
LIMAPULUH (MM) – DPRD Batu Bara menggelar sidang paripurna pandangan umum fraksi-fraksi atas laporan keterangan pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Batu Bara Tahun 2023, Senin (3/3/2023) di gedung dewan.

Sidang paripurna dibuka langsung Ketua DPRD M. Safii dihadiri sejumlah anggota dewan, Bupati Batu Bara Ir. H.Zahir MAP diwakili Asisten I, Sekretaris DPRD, OPD dan unsur forkopimda.

Fraksi PDI Perjuangan melalui juru bicara Amirtan mengapresiasi kinerja Pemkab Batubara selama tahun 2022 yang menunjukan nilai fositif. Hal ini dapat dlihat bahwa sepanjang tahun 2022, telah banyak keberhasil yang dicapai dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Fraksi PDI Perjuangan berharap capaian keberhasilan ini harus ditingkatkan demi kemaslahatan masyarakat. Disamping itu, jajaran Pemkab Batu Bara harus melakukan evaluasi kinerja sehingga menciptakan pemerintahan ayng bersih, bertanggungjawab sehingga mampu menjawab tuntutan perubahan secara efekti dan efisien,” terang Amirtan.

Sementara itu, juru bicara Fraksi Golkar Rizky Arieta mengatakan, akan memberikan pandangan umum atas capaian pelaksanaan kegiatan program secara garis besar yang berkaitan dengan realiasi PAD, Belanja Daerah pebiayaan dan kewajiban daerah yang tercantum dalam neraca keuangan.

Fraksi Geridra dalam pesannya yang disampaikan Andriyansyah, menyebutkan, LKPJ 2022 merupakan tahun ke empat periode Bupati Batu Bara Ir. H.Zahir MAP. Tentunya periode tahun 2028-2023 sudah menggambarkan keberhasilan pembangunan daerah. Untuk itu, diperlukan evaluasi dari setiap tahapan pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati Batu Bara, yaitu Semangat Kebersamaan Kita Dalam Mewujudkan Cita-cita pembangunan Batu Bara.

Hal senada disampaikan juru bicaa Fraksi PAN Chaitul Bariah SE, yang menyarakan agar OPD di jajarfan Pemkab Batu Bara untuk lebih giat dalam menggali PAD, sinergitas dan komunikatif sehingga mampu meningkatkan PAD dan terwujudnya pemerantaan pembangunan.

Fraksi Partai Demokrat Syahril Siahaan SH, menyoroti ekuitas neraca yang masih didominasi aset tetap. Demokrat menilai perlu dilakukan peningkatan aset, investasi jangka panjang. Dengan begitu maka Pemkab Batu Bara memiliki ketahanan anggaran agar tidak bergantung kepada anggaran belanja. Fraksi Demokrat mendorong Pemkab Batu Bara mampu merencakan peningkatan investasi jangka panjang dan nilai aset lancar.

Dilain pigak Fraksi PKS melalui jubir Citra Muliadi Bangun SE, meyoroti pendidikan, khususnya tenaga poendidik dan kependidikan yang masih diperlakukan berbeda. Seperti tunjangan lauk pauk yang hanya diberikan kepada tenaga pendidikan (guru). padahal tenaga kependidikan/operator keberadaannya juga tidak kalah pentingnya dengan tenaga pendidik (guru). untuk itu, fraksi pks meminta agar pemerintah kabupaten batu bara turut menganggarkan tunjangan lauk pauk bagi tenaga kependidikan/operator pada tahun anggaran 2023.

Fraksi Nasdem Dra. Tiurlan Napitupulu, mengatakan, realisasi pembangunan daerah kabupaten batu bara, fraksi nasdem dapat memahami bahwasanya secara rata-rata capaian kinerja pembangunan tersebut telah berhasil dicapai, meskipun demikian terhadap beberapa indikator perlu mendapatkan perhatian serta klarifikasi atas capaian kinerja yang di maksud.

Hal penting yang telah dikaji oleh fraksi nasdem yaitu terhadap materi dalam nota lkpj tahun 2022,terkait eksekusi besaran anggaran yang di rencanakan dengan realisasi kegiatan yang di capai,dalam proses pencapaian tujuan itulah sistem dan koordinasi dan kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif yang terjadi selama ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Fraksi Nasdem memin seluruh organisasi perangkat derah kab.batu bara mampu mensinkronkan kegiatan-kegiatan dengan baik yang berkaitan dengan program kepala daerah sehingga dapat terealisasi dengan baik.

Ahmad Badri SH dari Fraksi PPP banyak inovasi yang seharusnya dapat kita lakukan. oleh sebab itu, dalam menjalankan otonomi daerah dibutuhkan kepala daerah yang memiliki strong leadership. berintegritas termasuk bersih dari kkn, inovatif dan kreatif, berfikir out of the box dan bekerja dengan tulus untuk rakyat dan kemajuan daerah.

Fraksi PBB Edi Syahputra SE mengatakan, jika kita ambil rata-rata nilai akip pemkab batu bara adalah antara b sampai dengan bb yang didominasi dengan nilai b. hal ini menunjukkan bahwa capaian kinerja dan pertanggungjawaban pemkab batu bara berada pada kisaran nilai 73 dengan kategori sangat baik. fraksi pbb berharap kiranya nilai akip ini dapat terus ditingkatkan. (zein)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara