Panwascam Limapuluh Seleksi Calon PKD

Sebarkan:
Angggota Panwascam Limapuluh, Kabupaten Batu Bara. (foto:mm/ist)
BATU BARA (MM) - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Limapuluh melaksanakan test wawancara tahapan rekrutment calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa di Aula The Wans Cafe, pada Rabu 1 hingga 2 Ferbuari 2023.

Sebagai Panitia Pengawas Kecamatan, membutuhkan anggota Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) yang memiliki integritas dan kemampuan untuk menjamin kelancaran dan transparansi pemilu 2024.

Ketua Panwascam Limapuluh Ilham Saddam, SP.d, mengatakan, calon PKD yang akan diwawancarai harus telah memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan seperti usia, pendidikan, pengalaman dan lainnya pada tahapan adminitrasi yang dilakukan sebelumnya.

"Pertanyaan yang diajukan berkaitan dengan pemilu, kemampuan calon, dan integritas calon. Sehingga calon PKD memberikan penjelasan tentang pemilu dan tugas-tugas yang akan dilakukan selama pemilu," kata Ilham.

Dalam tahap ini, panitia wawancara melakukan test kemampuan dan kompetensi calon PKD melalui pertanyaan yang diajukan. Serta panitia melakukan tes integritas dan kemampuan berkomunikasi calon anggota PKD melalui pertanyaan yang diajukan.

"Panitia wawancara melakukan penilaian terhadap setiap calon PKD berdasarkan kriteria yang ditentukan seperti kemampuan, integritas, dan kemampuan berkomunikasi," ujarnya.

Setelah melakukan penilaian terhadap setiap calon, panitia wawancara memilih PKD terbaik yang akan diterima untuk menjadi Panwaslu Kelurahan dan Desa.

"Dalam pemilu di desa, PKD memainkan peran penting dalam menjamin kelancaran dan transparansi pemilu. Oleh karena itu, pemilihan PKD harus dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana melalui proses wawancara. Dalam proses wawancara, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti persiapan wawancara, pelaksanaan wawancara, penilaian dan evaluasi, dan penentuan PKD terbaik," terangnya.

Tes wawancara Rekrutmen PKD ini diikuti 11 desa 1 Kelurahan di Kecamatan Limapuluh, sementara dari 29 orang pendaftar 26 orang yang ikut tes Wawancara, kegiatan ini dihadiri Kabag Administrasi Bawaslu Profinsi Sumatra Utara Rudi Jumjungan Sirait S ST beserta staf.

Ilham menambahkan setelah selesai pelaksanaan tes wawancara PKD ini Panwascam Limapuluh Jumat (3/2/2023) akan  mengadakan rapat Pleno berserta pimpinan Bawaslu Kabupaten Batu Bara dan sabtu 4/2 mengumumkan hasil tes wawancara calon anggota PKD sebanyak 12 orang untuk kecamatan Limapuluh. (zein)

Tim Panwacam Limapuluh melakukan seleksi wawancara calon PKD. (foto:mm/ist)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini Batubara